RAHASIA KECANTIKAN ALAMI PUTERI KERATON SURAKARTA

Sahabat remaja puteri dan ibu-ibu ada beberapa resep rahasia para Puteri Keraton untuk mempercantik dan memperindah tubuhnya secara alamiah.
Redaksi  melihat dan memperhatikan ketika berkunjung ke beberapa kompleks Keraton di Jawa Tengah, maka redaksi melihat aneka tanaman yang di tanam di sekitar halaman Keraton tersebut.
Redaksi sudah berpikir pastinya ada maksudnya tanaman-tanaman ini sengaja untuk ditanam, bahkan ada beberapa jenis tanaman yang ditanam dekat dengan bangsal keputrian atau keputren.
Yang redaksi perhatikan benar adalah tanaman Kepel. Mungkin para sahabat tidak tahu apa itu tanaman Kepel atau buah Kepel ?
Redaksi puteriputeri.com melihat tanaman Kepel ini banyak yang khusus sengaja ditanam di area keraton, karena itu sebaiknya kalau sahabat wisata ke keraton mana saja, coba perhatikan tanamannya, karena justru inilah yang menarik .
Ternyata tanaman Kepel ini berkhasiat untuk mengharumkan bau badan dan menghilangkan aroma bau badan tak sedap. Ini membuktikan bahwa khasiat alamiah yang langsung dari alam memang dipercaya secara turun-temurun oleh para Puteri Keraton.
Sebutan Puteri Keraton disematkan kepada para puteri bangsawan atau keturunan serta kerabat raja. Para Putri Keraton dari zaman dahulu sebelum adanya berbagai macam kosmetik modern berusaha merawat diri dan wajah agar tampil cantik. Ternyata kecantikannya didapat dari berbagai macam perawatan secara tradisional dan alami.
Dari kunjungan remaja puteri dan ibu-ibu ke berbagai keraton juga bertanya pada para kerabat, terrnyata ada tips khusus yang sekarang nyaris terlupa karena sudah jaman modern industrialisme.
Beberapa Tips kecantikan alami Ala puteri Keraton yang berhasil redaksi himpun adalah :
1. Kepel untuk mengharumkan Aroma Badan/aroma keringat
kepel
Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta.
Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.
Buahnya yang matang dimakan dalam keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga dan mengandung sari buah itu memberikan aroma seperti bunga mawar bercampur buah sawo pada ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, dan napas).
Dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sebagai peluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita.
Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan digunakan sebagai parfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional terbatas di kalangan puteri bangsawan jaman dahulu sebelum adanya alat kontrasepsi modern.
Kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus setelah direndam beberapa bulan dalam air, digunakan untuk bahan bangunan rumah dan diberitakan tahan lebih dari 50 tahun.
Kepel merupakan tanaman hias pohon yang indah, daunnya yang muncul secara serentak berubah dari merah muda pucat menjadi merah keunguan sebelum berubah lagi menjadi hijau cemerlang.
Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan banyak cabang lateral yang tersusun secara sistematik, dan sifatnya yang kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.
2. Pepaya untuk Melembutkan Wajah
pepaya
Memutihkan Wajah dengan Pepaya adalah hal yang lazim dilakukan oleh para puteri jaman dahulu.
Sejak dari dulu untuk melembutkan wajah banyak sekali putra putri raja memakai pepaya untuk melembutkan wajah.
Selain itu, Pepaya mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk memutihkan kulit. Caranya pun mudah sekali tinggal tumbuk atau parut pepaya dan jadikan masker untuk wajah setiap hari.
Pasti kulit anda akan menjadi lebih cerah, lembut putih alami.
Resep 1
Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah perlukan adalah ½ cangkir buah pepaya yang telah dilumatkan dan susu murni secukupnya.
Campur kedua bahan dan oleskan pada kulit wajah yang telah dibersihkan, diamkan selama 20 atau 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.
Resep 2
Blender buah pepaya, kemudian balurkan jus pepaya tanpa campuran ini ke wajah dan leher, niscaya jika pemakaian teratur akan membuat kulit wajah anda bercahaya.
3. Sansevieria untuk Menyuburkan Rambut
Sansevieria
Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Sanseviera tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.
Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.
Sansevieria dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50–75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3–6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang, dan karena ini ada yang menyebut Sansevieria sebagai tanaman pedang-pedangan.
Tumbuhan ini berdaun tebal dan memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah, sansiviera bisa tumbuh subur.
Warna daun Sansevieria beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.
Keistimewaan lidah mertua adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi udara.
Sansevieria (Daun Lidah Mertua ) ternyata ampuh untuk menyuburkan rambut panjang hitam alami. Rambut itu mahkota wanita, Pada jaman puteri keraton pada sekira tahun 1600-1900, rambut panjang yang hitam adalah trend yang menunjukkan kelas perempuan pada zaman itu.
Pada zaman dahulu wanita itu harus disanggul berarti rambutnya harus bagus dan panjang. Para puteri ini memakai ramuan Daun Lidah Mertua atau Sansevieria jadikan sebagai masker rambut atau gosok -gosokan pada rambut setiap hari pasti rambut anda makin sehat dan cantik.
Caranya tumbuk daun lidah mertua ini kemudian balurkan ke kulit kepala dan rambut.
4. Air Mawar untuk Melembutkan dan Menghilangkan Bau Badan
air mawar
Kita bisa membuat air mawar sendiri pertama ambil beberapa kuntum bunga mawar kemudian rendam dalam air di baskom, dan jemur di bawah sinar matahari selama satu-dua jam.
Maka air mawar ini akan memiliki beberapa khasiat antara lain :
– Meminimalkan kulit berjerawat
Dengan membasuh wajah dengan air mawar 2 kali sehari maka kulit yang berjerawat akan dapat dikurangi peradangannya.
Selain itu air mawar ini dapat berfungsi sebagai antiseptik dan juga melembutkan kulit sehingga kulit yang kemerahan bisa hilang dan pori-pori yang tersumbat bisa bersih.
– Melembapkan Kulit Kering dan Sensitif
Bagi anda yang memiliki kulit kering dan sensitif air mawar alami ini bisa memberikan lapisan yang melembabkan kulit. Juga dapat mengatasi eczema, dermatitis, lecet atau juga luka bakar.
– Mencerahkan Wajah
Air mawar kaya akan vitamin A dan E dan bisa menjadikan wajah lebih cerah dan segar. caranya celupkan kapas pada air mawar dan tepuk-tepuk di kulit.
– Mencegah penuaan
Air mawar mengandung Rose Hip Seeds yang memiliki 8 kali vitamin C yang lebih banyak dan menjadi salah satu sumber anti oksidan.
Air mawar ini akan menutrisi hingga jauh ke dalam lapisan kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis dan jauh dari kerutan.
– Menyegarkan Mata
Air mawar dapat membantu menyegarkan area mata yang kehitaman karena kurang tidur dan kelelahan. Caranya kompreskan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air mawar selama yang anda perlukan.
– Menyehatkan Rambut
Air mawar dapat membantu pertumbuhan rambut. Selain itu bisa juga membersihkan dan menjadi antiseptik bagi kulit kepala yang iritasi.
Kulit kepala yang kering, kotor dan berketombe bisa dibersihkan dengan air mawar ini.
Cobalah mandi dengan bunga mawar, bunga bawar memiliki bau yang harum sehingga membuat badan kita menjadi wangi. caranya cukup mudah, kumpulkan bunga mawar dan masukan kedalam rendaman air yang akan kita pakai mandi diamkan dulu beberapa saat dan mulailah berendam dalam air mawar ini.
5. Avocado untuk Memutihkan Kulit
alpukat
Luluran untuk kulit puteri keraton menggunakan bahan alpukat (avocado). Lulurnya dibuat dari madu, perasan jeruk nipis dan Alpukat.
Cara mencerahkan kulit kusam pada tubuh secara alami dengan cepat ini bisa Anda lakukan dengan cara menghaluskan buah alpukat menggunakan blender dan dicampur dengan sedikit perasan jeruk nipis sekitar 1 sendok makan.
Setelah alpukat halus, pakailah alpukat tersebut ke seluruh bagian tubuh untuk luluran secara merata. Tunggu sesaat sekitar 15 menitan sampai lulur mengering dan terasa kaku di tubuh. Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih yang dingin.
Untuk memperoleh hasil putih dan bersih yang maksimal, lakukan cara diatas secara rutin sebelum mandi, minimal lakukan sekali dalam sehari.
Hasilnya biasanya bisa anda lihat sekitar 3 minggu pemakaian rutin melakukan lulur menggunakan alpukat.
6. Kunyit untuk Melangsingkan Badan
kunyit
Indonesia kaya akan resep turun temurun yang terbukti efektif untuk mengatasi perut buncit. Kunyit asam adalah ramuan alami yang telah digunakan secara turun-temurun untuk mengatasi kegemukan dan melangsingkan perut.
Asal rajin mengkonsumsinya, maka perut buncit bisa diatasi walau tanpa olahraga.
Cara membuat ramuan ini sangat mudah. Kunyit sebesar ibu jari dihaluskan dan dimasak dengan dua gelas air.
Setelah mendidih, kemudian ditambahkan perasan air asam dari buah asem Jawa dan gula merah. Campuran tersebut dimasak hingga tinggal setengahnya dan diminum hangat atau dingin.
Rasanya sangat disukai karena merupakan kombinasi antara rasa manis dan asam yang segar.
7. Madu untuk Memerahkan Bibir
madu
Madu merupakan obat alami yang memiliki banyak manfaat dan sering digunakan untuk masalah kecantikan dan kesehatan, salah satu dari mafaat madu yaitu bisa membuat bibir menjadi merah secara alami.
Cara menggunakan madu untuk memerahkan bibir tidak telalu sulit, anda hanya tinggal mengoleskan madu pada permukaan dan seluruh bagian bibir anda secara merata, jika ingin hasil maksimal oleskan madu setiap malam sebelum tidur agar untuk memelihara sel kulit pada bibir dan untuk mencerahkannya.
8. Sirih Memutihkan Gigi dan Menghilangkan Bau Mulut
daun sirih
Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih
    Bersihkan 1 lembar daun sirih.
    Masukkan kapur dan pinang, kemudian tekuk daun sirih sampai menutup kedua bahan tadi.
    Gigi, kunyah perlahan dan nikmati proses menyirih selama 5 menit.
    Buang daun sirih dari mulut, keluarkanla air liur yang berwarna kemerahan.
    Rasakan kesegaran di mulut, dan coba hirup aroma yang dikeluarkan pasti menyejukkan.
9. Aneka manfaat Minyak Kelapa (coconut oil)
minyak_kelapa
Minyak kelapa biasa dipakai para puteri bangsawan sebagai minyak cem-ceman yang memilki khasiat antara lain :
– Membersihkan wajah
Minyak kelapa memiliki sifat alami antibaketi, antijamur, dan melembapkan. Sebuah riset menemukan bahwa minyak kelapa juga bagus untuk merawat kulit dan banyak wanita yang telah menggunakannya sebagai pelembap wajah yang digunakan pada malam hari.
Untuk membersihkan wajah, usap minyak kelapa secukupnya secara tipis-tipis pada wajah dan leher dengan gerakan melingkar, kemudian bersihkan wajah seperti biasa.
– Melembapkan kulit
Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak kelapa sangat efektif meningkatkan kelembapan kulit dan merawat kulit yang sangat kering.
Sehingga, untuk memperoleh kulit yang lembap, oleskan minyak kelapa pada kulit layaknya mengoleskan lotion pada kulit.
– Sebagai kondisioner rambut
Pada malam hari, gunakan minyak kelapa pada rambut kemudian sisir lembut rambut Anda. Lalu, bentuk rambut seperti sanggul sederhana dengan diangkat ke atas.
Kaum puteri jaman dahulu biasa membuat cem-ceman dengan minyak kelapa ini, balurkan di malam hari dan bilas di pagi harinya.

Comments

Popular posts from this blog

KLINIK TRADISIONAL PURBO HUSADA

KLINIK TRADISIONAL PURBO HUSADA